Tuesday, August 08, 2017

Cara unik menjaga padi jelang panen

Jelang panen tiba ,itulah saat yang ditunggu tunggu oleh petani,yang mana saat menanam padi hingga padi telah menguning hingga  di panen.

Berapa cara untuk menjaga agar saatnya nanti padi dipanen berhasil.
Karena saat padi mulai keluar sampai menguning biasanya gangguan terutama dari burung pemakan biji sering datang dan ini mengganggu ,yang bisa mengakibatkan hasil panen berkurang.

Cara unik dan sederhana mengatasinya.
Biasanya saat padi menguning untuk menghalau burung pemakan biji padi ,dibuat seperti bunyi bunyian dari kaleng bekas,bambu yang pakai tali dan dipasang pakai tihang ditengah sawah,atau menggantungkan plastik bekas yang berwana warni yang ditalikan pada tambang atau membikin boneka atau orang orangan sawah,yang terbuat dari baju atau celana bekas kain yang sudah tak berguna yang diisi oleh rumput dan dibuat menyerupai orang orangan atau boneka.

Walau cara unik ini dan sederhana dalam pengerjaanya ,karena tidak sampai menghabiskan biaya yang besar namun dari segi kemampaatanya sangat banyak ,ini yang diungkapan oleh seorang petani " Andi (65) warga pawati desa kuta mekarjaya kecamstsn mande ,disela sela istirahatnya,digubuk sawah tempat ia menunggu dan menjaga padi saat ditemui dalam penuturannya.

Ini merupakan menjaga padi supaya berhasil dipanen dan bisa untuk meminimalisir kerusakan padi,dari gangguan burung.dan saatnya padi yang telah menguning bisa kita panen dengan hasil baik.

Apalagi sawah tanaman padi yang dipeliharanya,dipinggir hutan serta jauh dari rumah tempat kita tinggal.
Sangat perlu sekali kita selain menjaga dan merawatnya ada upaya untuk mencegah tananan padi,karena mulai menanam hingga musim panen tiba hingga waktunya hingga 3 -4 bulan ,hasil panen kita tidak maksimal yang diakibat kan oleh burung ,hama penyakit dan gangguan lainnya.

Mungkin cara unik ini sudah biasa dilakukan tapi kadang kita terlupakan yang dapat mengakibatkan gagal panen.
Dan yang kutulis ini kita hanya sekedar berbagi saja,apabila kita mengalami atau siapa saja, yang tanaman padi dipelihara dan dirawat terserang gangguan, nantinya bisa mengantisipasinya dengan cara ini walaupun sederhana saja.

Thursday, June 29, 2017

"menanti blogku"digoogle ?

Beberapa blog yang ditulis,mungkin  bermacam macam topik yang disampaikan.Juga beda beda bisa secara khusus atau rupa rupa (gado gado)tergantung kebutuhan dari pemilik blog itu sendiri dalam penuturan dan penulisannya.

Bisa menentukan topik khusus atau tidak,misalnya topik panduan atau topik informasi.Misalnya menyampaikan berbagai bidang atau berita kejadian,pengalaman,pendidikan,ekonomi,sosial budaya dan lingkungan.sejauh mana kebutuhan kita terhadap blog itu.

Mungkin dari sekian banyak blog yang dibuat ,saya menulis bisa dikatagorikan blog informasi karena memuat berbagai informasi didalamnya.karena yang saya tulis merupakan apa yang telah dialami,atau kejadian,baik bidang pekerjaan,ekonomi,pendidikan,sosial,budaya dan lingkungan sekitar kita.

Dari bidang yang sering ditulis adalah pengalaman,kejadian dan lingkungan sekitar kita sisanya bidang lain.karena mengulas atau menganalisa bidang tertentu harus sesuai dasar keahliannya,biar apa yang ditulis betul betul sesuai,dan beda lagi seandainya bidang yang kita tulis sesuai dengan kejadian diri sendiri atau mengalaminya.Mungkin kita punya dasar terhadap artikel yang kita tulis,bukan hanya asal tulis atau mengkopi orang lain.

Dan juga apa yang ku alami saya mencoba ,untuk mendaftarkan bagiku google adsense namun sudah 2 kali penolakan dan yang 3 kalinya masih "dalam antrian persetujuaan"dan mungkin ini bagiku masih banyak kekurangan didalam penulisan contohnya sesuai dengan aturan google.hanya google blog kita dinyatakan bisa bergabung dengan adense untuk menjadi publisher iklan.

Dan yang mungkin ada dalam benakku sebuah pertanyaan, selain konten diblog berkualitas,apa nantinya kita berhasil,?mungkin jawaban itu harus kita jawab dengan kerja keras dan keuletan dalam memperbaiki konten kita hingga blog berkualitas dan layak diterima menjadi publisher google adsense.

Karena bukan saja kerja keras menulis tapi terus belajar memperbaiki bulog kita dengan sering membuka "layanan bantuan yang disediakan google untuk belajar di webmaster.karena bukan kita harus pintar ilmu atau cerdas terhadap sesuatu.tapi menurut saya tanpa ilmu diamalkan atau dipraktekkan mungkin tak akan berguna ,

Karena para pengguna blog yang berhasil bukan dari atas kepintaran saja banyak yang pendidikan hanya smp atau sma berhasil mendapatkan uang dari google.jadi pertanyaan harus dengan apa caranya?sama saya juga belum bisa menjawab hanya sambil belajar untuk menjawabnya dan terus menulis konten hingga berkualitas,harus banyak kerja keras dan praktek belajar google tentang blog yang baik dan layak.

Tapi walaupun bagiku masih dalam antrian persetujuan,tidak berkecil hati dan selalu bersabar, karena bukan saja kita sebagai blog pemula tapi kita menambah wawasan kita terhadap ilmu teknologi,telekomunikasi,dan komunikasi walaupun hanya mengandalkan informasi internet atau google.Dan kalau terus belajar kita juga mudah mudahan bisa berhasil mengikuti para blonger yang sukses menghasilkan pendapatan dari google.

Tuesday, June 27, 2017

"Jalan jalan dan ngopi ," di cianjur."

Liburan dikota cianjur,sangat lah menyenangkan apalagi saat mengisi liburan lebaran tahun in untuk jalan jalan atau wisata.
Mungkin bagi yang kebetulan lewat kota cianjur akan mudik atau pulang lebaran menyempatkan diri untuk berhenti beristirahat sejenak,melepas rasa lelah atau sengaja untuk berjalan jalan dulu sehabis menggunakan sepeda motor atau kendaraan roda empat.
Baik bagi warga kota cianjur atau luar kota cianjur.

Karena saat anda masuk kabupaten cianjur dari arah jakarta atau bogor, disepanjang jalan jalur propinsi dari arah jakarta menuju cianjur , anda akan disuguhi pemandangan indah yaitu hamparan perkebunan  enteh dan bukit bukit,serta pegunungan.yang udara sejuk dan bersih.

Juga kita bisa jumpai berbagai macam macam dagangan oleh oleh, sayuran,makanan, baik kuliner, rumah makan dan restoran disekitar pinggir jalan ,mulai dari daerah puncak ciloto cimacan,cipanas, sindanglaya ,pacet,cugenang,cianjur

Bagi yang ingin beristirahat dan bermalam sehabis mengisi liburan disekitar daerah cipanas,tak perlu susah kita temukan karena banyak sekali penginapan,hotel serta fila yang ditawarkan sekitar daerah puncak, ciloto,cipanas untuk kita bersama keluarga  menikmati suasana liburan lebaran tahun ini.tinggal merogoh kocek bagi yang berduit banyak.

atau hanya sekedar untuk beli oleh oleh  atau menikmati makanan kuliner yang sudah terkenal dicianjur dari berbagai jenis,  seperti beli sayuran disekitar sindanglaya, kaliner maranggi dipacet, tauco digunung lanjung desa cijedil.
Manisan ditoko sepanjang pinggir jalan baypass dr muwardi dan jalan raya, yang merupakan makanan khas kota cianjur.

Juga sepanjang jalan bisa kita jumpai untuk minum kopi,di kedai kedai kopi yang banyak disajikan selalu buka dari pagi sampai malam.dari sekitar panembang  jalan dr muwardi,jalan raya ,hingga sekitar bojong arah jalan menuju bandung

"Saat itu hari rabu 29-06-2017 jam 22.30  Malam" ,saya berada sekitar kedai kopi dan sempat bertanya pada "Ranti" ia menuturkannya : Seperti ,"kedai kopi otomotif" tempat ia bekerja tempatnya terkenal ditata bernuansa otomotif, pengunjung bisa ngopi bareng sambil beristirahat dan berfhoto selpi,yang mulai buka pagi sampai
Malam, dari jam 10.00s/d jam 22.00 yang berlokasi tak jauh dari perapatan jalan bojong karang tengah cianjur .

Dan banyak lagi tempat wisata dicianjur, seperti wisata alam seperti kebun raya cibodas dan taman nasional gede pangrango yang sudah terkenal.
Dan wisata alam lainnya seperti wana wisata alam" poklan "yang dikelola perhutani didaerah pongpok lanak haurwangi,wisata air dan kolam renang ,wisata danau jangari ,wisata pantai jayanti cidaun cianjur selatan.

Dan masih banyak lagi tempat wisata dan berbagai kuliner terkenal di cianjur, apalagi cianjur sangat terkenal dengan  tauconya.bisa kita temukan" tugu tauco cianjur" yang berada sekitar perapatan jalan dr muwardi yang telah dibangun oleh pemda cianjur , ini sangat indah sekali menghiasi kota hingga banyak warga yang memampaatkan untuk berfoto selpi diwaktu siang dan malami,bukan saja tauconya yang terkenal dicianjur tapi kota cianjur terkenal dari pangannya seperti beras cianjur yang banyak dijual di toko toko manisan.

yang hendak liburan lebaran tahun ini ,bisa kita mengajak keluarga atau teman untuk jalan jalan dan berwisata,atau hanya sekedar beristirahat sejenak , kebetulan melintasi dikota cianjur saat mudik lebaran .

semoga kota cianjur semakin maju dalam berbagai bidang pembangunan atau meningkatkan kesejahteraan warganya. cianjur lebih terkenal kota yang maju dan jago,di jawa barat baik nasional atau internasional.

Mungkin bagi pembaca saya hanya sedikit berbagi tentang kota cianjur, mohon maap kalau dalam penuturan dan penulisannya tidak selengkap mungkin tapi semoga bermanfaat .karena saya hanya menulis sekitar hasil perjalanan saya dalam mengisi liburan ini, dan rasa bangga sebagai orang cianjur.amin..

Friday, September 16, 2016

Cara sadap Pohon damar(Agathis) .

Pohon damar (agathis), adalah pohon yang bemampaat dan penghasil getah atau kopal selain kayunya sebagai bahan bangunan atau industri kerajinan.
Pohon damar banyak tumbuh didaerah indonesia seperti sumatera atau jawa.
Mungkin yang kami tulis disini adalah berbagi pengalaman tentang cara penyadapan pohon damar walau pun banyak kekurangan dan cara penuturannya ,karena bukan hanya cerita yang kami sampaikan tapi pengalaman yang pernah kujalani dalam hidupku.walaupun hidup dan mati hanya yang maha kuasalah yang maha tahu.

Bahkan aku membuat Judul blogku ini dengan nama situs web ( HTTPS// AGATISH.BLOGSPOT.COM) Terinspirasi dengan nama pohon damar ( agathis).Tapi judul blog ku ini adalah" AGATISH "yang artinya "aku gabung anda teknologi informasi sosial husus( hungkul)".dibloger/ blogspot milik google. agar apa yang aku alami dan aku tulis bisa bermampaat bagi diriku dan orang lain yang membacanya juga bisa berbagi diblog ku ini.

Berbagai cara atau tehnik penyadapan ditiap daerah mungkin berbeda beda seperti daerah sumatera padang dengan jawa atau daerah lainya di indonesia bahkan diluar negara .
Tergantung kepemilikan atau pengelolaan baik  perusahaan atau perorangan yang mengelola atau pemilik pohon damar itu sendiri .baik oleh perusahaan negara perusahaan swsta atau pun perorangan kebun milik sendiri.

Pohon damar juga dapat tumbuh baik diketinggian 1000/1209 m dpl.ada pun damar tiap pohonnya menghasilkan getah berbeda beda karena ada damar yang berkulit tebal baik sekali keluar getahnya dan damar berkulit tipis atau disebut (lanang) kurang baik keluar getahnya.

Bahkan keadaan tempat dan jenis pun bisa mempengaruhi terhadap keluar nya getah damar itu sendiri , seperti daerah cianjur ,sukabumi atau daerah pekalongan jawa tengah yang pernah study banding atau job training,bahkan dengan jawa timur atau daerah lainya di Indonesia. Dan pohon damar yang Baik atau bedanya pohon damar dalam mengeluarkan getah itu memerlukan penelitian khusus , karena mulai jenis pohon atau daun serta kontur tanah  dan ketinggian tempat dpl bisa mempengaruhi keluarnya getah damar. untuk diadakan nya penelitian pohon itu adalah kewenangan dari perusahaan selaku pengelola atau pemilik kebun pohon damar itu sendiri untuk mengetahui keadaan sadapan damar untuk meningkatkan peroduksi getah atau kepentingan lingkungan sekitar.

Walaupun tata cara dan juknis penyadapan damar sudah diatur bahkan sebagai pedoman penyadapan agar penyadapan dapat dilaksanakan
dengan baik dan benar serta menghasilkan peroduksi getah yang tinggi.juga penyadapan yang bisa meminimalisir kerusakan terhadap batang pohon itu sendiri bahkan ramah terhadap lingkungan sekitar.

Alat alat sadap damar.
1.golok atau alat khusus sadap( kodukoni)
2.wadah penampung getah dibuat husus atau ember sadap.
3.alat mal sadap sebagai pengatur bidang yang disadap.
4.karung sebagi tempat getah atau kopal.
5.obat perangsang getah yang sudah ramah lingkungan kalau dibutuhkan.
6.seprayer kalau dibutuhkan.
7.asahan.
8.wadah atau kaleng ukuran 5x10cm untuk penampung getah.
9.sarana pendukung tangga bambu 3m atau sesuai kebutuhan.

Cara penyadapan.
1.luas dan pohon di hitung disensus untuk mengetahui jumlah berapa luas dan jumlah pohon yang disadap.
2.pohon di mal atau diukur sebagai bidang sadap agar tidak merusak bidang yang tidak disadap.dengan ukuran mal 10cm tinggggi 180 cm untuk masa 3tahun.
3.pelaksanaan Quare penyadapan bidang sadap dilaksanakan dan diperbahauri terhadap luka sadap setelah 3hari .
4.bidang sadap yang diQuare atau dilukai kulitnya dipasang penampung getah atau tempat dari kaleng.
5.setelah 4 hari getah mengering sudah dapat diambil dengan alat kodukoni ditampung pada ember sadap atau alat husus yang dibuat dari kaleng seperti kerucut.
6.pelaksanaan sadap terus berulang sesuai waktu yang sudah ditentukan.                     7.hasil getah dibersihkan dan diseleksi dari kotoran agar getah menghasilkan kewalitas mutu lokal atau baik dan dimasukan dalam kantong atau karung.

Walaupun tata cara dan juklak sebagai pedoman sadapan sudah diatur atau dilaksanakan tapi kita sering mengalami kendala dilapangan terutama dibidang sadap itu sendiri,misalnya yang dibidang sadap kadang pada penampungan getah keluar sedikit sedangkan getah keluar diluar bidang sadap/mal yang tidak ada penampungnya.misalnya dibagian akar atau pada batang atas dan samping bidang yang disadap biasanya pada kulit yang terbuka pecah-pecah mengeluarkan getah, tinggal kita bisa menyikapinya saja dilapangan .karena semakin atas bidang yang disadap semakin baik keluar getah bahkan 4 - 5m dari atas tanah ,sampai untuk melaksanakan penyadapan harus menggunakan alat berupa tangga dari bambu.

Walaupun penyadapan damar ada yang pakai obat perangsang getah saat pembaharuan atau Quare bidang sadap, tapi didaerah kami tidak cocok pakai perangsang getah karena sudah dicoba bukanya lebih baik bahkan berkurang dan cepat kering bidang sadapnya yang mengakibatkan porl- pori daging atau kulit damar tertutup alasan tidak menggunakannya. kadang kami hanya secara lokal saja tanpa obat perangsang getah, dan pernah mencoba dengan cara merendam golok atau alat kodukoni dengan air beras saja sebelum besok dipakai selama semalam atau sekitar 6 jam diperkirakan larutan air beras sudah menempel pada golok atau kodukoni.

 walaupun saat itu air beras tersebut belum pernah diuji atau penelitian khusus betul atau tidaknya air beras baik sebagai perangsang pada getah damar ( walaupun air beras tidak ada anjuran atau aturannya, itu hanya sekedar mencoba saja) lumayan baik karena tidak menimbulkan kekeringan pada bidang sadap dan ini pernah dilaksanakan pada tahun 1988 karana saat itu tidak ada perangsang, dan saat ada perangsang pun betul pakai perangsang ternyata jelek hasilnya lebih baik tidak pakai daripada tidak keluar getah.mungkin karena faktor jenis pohon damar itu sendiri yang berbeda dengan jenis damar didaerah lain.Dan pengalaman bidang sadapan damar ini pernah. dialami selama 10 tahun lebih walaupun sekarang sudah tidak dibidang sadapan lagi.

Ternyata didaerah lain seperti getah damar dalam penyadapan nya pakai perangsang sedangkan daerah kami tidak , dan ini sudah ada penelitian khusus tentang sadapan damar yang ada didaerah kami mulai dari topogerapi dan jenis damar itu sendiri bahkan dari daunnya serta keluarnya getah tiap pohonnya yang dilakukan oleh tim litbang cepu perhutani,dan sadapan itu sudah disadap dari tahun 1988 hingga tahun 2016 sekarang masih tetap disadap, walaupun peroduksinya juga tidak seperti dulu karena sudah banyak pohon yang sudah tua, yang biasanya disebut" pohon bocor getah" sekarang sudah banyak yang jenuh sadap dan tua termakan usia.Pohon damar itu adalah tanaman yang ditanam pada tahun 1952.didaerah lokasi kawasan hutan perhutani pt 53c luas 5ha RPH Cijedil dan RPH puncak BKPH cianjur KPH cianjur divreg jabar banten.

Dan pohon damar ini walaupun sudah tumbuh sekitar 64 tahun namun masih tetap berpotensi penghasil getah/ kopal,selain peroduksi sadapan juga lokasi sadapan pohon damar di RPH Cijedil yang tumbuh diketinggian  - + 1000 m dpl dan RPH puncak tumbuh diketinggian - + 1209 m dpl.berpotensi juga sebagai wana wisata karena tempat yang setrategi dipinggir jalan.seperti rindangnya pohon damar dan udara yang masih sejuk serta pemandangan yang indah dan baik ,apalagi pohon damar yang sudah besar- besar dengan ukuran keliling 200/300 cm indah sekali untuk berphoto atau selpi .terutama yang didaerah puncak/ ciloto lokasinya yang setrategis dapat dijangkau dengan kendaraan roda 4 atau 2 karena berada dipinggir jalur utama jalan perovinsi Cianjur/ bandung- jakarta .hanya tinggal akses jalan dan sarana dan prasarana saja untuk pengembangannya disektor wisata Alam.

      "Photo pohon damar yang masih disadap"

Tuesday, September 13, 2016

Paguron silat Dan tenaga dalam?

Tenaga dalam , indektik dengan ilmu kanuragaan dan bisa pula untuk menjaga kesehatan, tergantung kegunaanya dan peruntukannya kita mempelajarinya.
Berbagai aliran tenaga dalam muncul dari berbagai padepokan kanuragaan atau pengurusan silat tentang cara dan penuturannya untuk mempelajarinya atau kegumaanya.

Dan ini sangat dirasakan ketika kita belajar kanuragaan atau ilmu beladiri di paguron silat yang ada ditanah air ini.
Beberapa gerakan dan dasar dasar tenaga dalam untuk dipelajarinya.sampai dimana kita bisa menguasainya yang namanya tenaga dalam.

Apakah setiap orang bisa mempelajarinya? Jawaban pasti bisa, kalau kita rasakan karena tenaga dalam berawal dari dalam tubuh kita.bagai mana tenaga dalam itu kita kuasai? Setiap kegitan atau komunitas yang mempelajarinya, pasti macam macam tergantung guru atau instruktur yang mengajarinya.

Karena setelah mencoba belajar dari dasar tentang tenaga dalam pada intinya adalah " giat belajar dan mencobanya"
Berbagi tenaga dalam atau radiasi tenaga dalam mulai dasar awal adalah pernapasan kita.

Karena napas atau napsu yang merupakan suatu emosi yang harus kita jaga dan terasa berat menjaga emosi itu.
Bukan saja untuk keanuragaan saja atau kesehatan saja tenaga dalam itu kita pelajari tapi untuk kepentingan hidup dalam jiwa kita, karena menyangkut kerohanian dan batin kita.

Coba saja setelah belajar dasar tenaga dalam akan terasa semua anggota dalam dan luar kita akan berkonsentrasi.karena dalam tubuh kita mulai ruh yang berhubungan napas akan kita olah untuk mengeluarkan tenaga dalam.walaupun yang namanya ruh adalah urusan yang maha kuasa, dan napas atau napsu atau emosi adalah musuh kita yang paling besar.apakah kita bisa dan kuat mengendalikannya? Jadi kita harus waspada akan segala yang terjadi mulai dari napsu dan peganggu hati kita.

Karena dasarnya ruh dan napas melalu hati kita kemudian melalui otak dan pikiran kita untuk memeritahkan dan melaksanakan hal kepada anggota tubuh kita seperti mulut mata hidung telinga tangan dan kaki kita.walau pun keterangan semua pungsi anggota tubuh adalah kewenangan ahli kesehatan.
Apa salahnya kita meminta ahli kesehatan atau ahli kerohanian dalam mempelajari "  tenaga dalam itu"

Karena cara dan mempelajarinya seperti paguron kanuragaan adalah ilmu yang turunkan pada muridnya diajarkan oleh sang guru.seperti sedikit kami berbagi tentang belajar kanuragaan atau bela diri silat yang pernah ku pelajari Pada tahun 1992/1993 dipaguron silat (" dadali Jembar pusaka") pak Adin( Almarhum) kp cikole cipanas.

Awal dasar pelajaran.
1. Dasar - dasar jurus silat
2. Pasangan jurus
3. Dasar- dasar tenaga dalam
4. Bab akhlak.
5. Selamatan.

Pungsinya.
1.dasar: gerakan yang dipelajari adalah 17 jurus.
2. Pasangan jurus: mengetahui gerakan atau kegunaan jurus 17 itu diperagakan oleh 2orang atau lebih.
3.dasar tenaga dalam: mengolah pernapasan cara menahan dan mengeluarkan napas secara teratur.
4. Bab akhlak : belajar cara menggunakan akal dan pikiran termasuk tenaga dalam untuk membela diri.
5.selamatan: agar apa yang telah kita pelajari mulai jurus dan tenaga dalam bisa bermampaat bagi diri kita dan orang lain.

Sebab belajar tenaga dalam harus belajar dulu jurus dasar kalau dipaguron, supaya replek menjaga apa bila tenaga dalam kita tidak keluar atau halangan sesuatu hal.karena tenaga dalam menyangkut napas dan emosi serta bathin kita .karena yang namanya ilmu sebelum orang lain tahu pasti kita yang merasakannya dan atas izin khendak yang maha kuasa Allah swt.jadi tenaga dalam itu tak  mudah dikuasai karena menyangkut bathin dan akhlak kita.atau menurut kepercayaan dan agama yang dianutnya.

Bukan berarti tenaga dalam harus secara dohiriah saja dkuasai, seperti memiliki tenaga dalam bisa" mementalkan musuh atau benda." bisa mengangkat atau mengangkut beban yang berat , yang tak mungkin orang lain yang tidak menguasai atau mengolah tenaga dalam bisa melakukannya.tapi tenaga dalam secara bathiniah " dengan orang lain, atau antara emosi kita sendiri serta dengan maha pencipta.

Tenaga dalam setiap orang pun punya hanya perbedaannya, adalah Tenaga dalam nya sesuai tingkatan :jauh atau dekat, rendah atau tinggi , kecil atau besar.sesuai kegunaan tenaga dalam itu sendiri dipergunakan secara dohir dan bathin, Antara orang. yang tidak mengolah tenaga dalam dan yang mengolah atau mempelajarinya.

Yang penting walaupun penuturan beda dalam mengolah tenaga dalam, tapi hanya dengan belajar dan berdoa. serta mendekatkan diri dengan yang maha kuasa apa yang ilmu kita pelajari bisa berhasil dan bermanfaat bagi kita dan orang lain.

Thursday, September 08, 2016

Makam eyang panggung ( geger bentang)

Batu goong ini adalah, " sebutan batu yang ada di dekat Makam eyang panggung," yaitu 2 buah batu besar yang berhadapan mirip seperti gong juga beberapa batu mirip gendang dan alat gamelan lainnya.lokasinya berada dikawasan hutan perhutani pt 35g RPH Cijedil BKPH Cianjur KPH Cianjur Divreg jabar- banten, dan masuk hutan pangkuan desa/ HPD dan LMDH sugihmukti wilayah Administrasi: desa kuta waringin, kecamatan mande, Cianjur jawa barat.

Dan hasil penuturan Cerita tokoh masyarakat bojong menteng, " bapak Openg 60 tahun".bahwa batu tersebut berada sudah puluhan tahun bahkan ratusan tahun  silam, berada dekat tak jauh dari makam eyang panggung dan merupakan peninggalan dari dulu dikala eyang panggung berada.tapi untuk mengetahui lebih jauh tentang sejarah makam eyang panggung dan batu goong tersebut, harus lah melalui penelitian dari ahlli sejarah oleh lembaga khusus pemerintah yang membidanginya.

Eyang panggung dulunya beliau adalah seorang bangsawan keturunan raja dan tokoh ulama besar didaerah cianjur ,yang menurut cerita keturunan dari daerah timur kota cianjur yang pindah dan menetap hingga wapatnya dicianjur.

Karena akan kemasyurannya beliau, banyak orang yang sengaja datang untuk berziarah ketempat itu. Menurut cerita kalau orang yang punya hajat urusan dibidang seni atau urusan usaha dan pekerjaan,atau mendapat kesulitan hidup lainnya, banyak yang sengaja datang untuk berziarah agar hajatnya cepat terkabul.dan ini pernah dituturkan oleh juru kunci makam, (pak Akib (80) Almarhum) selagi beliau ada.

cerita dari bapak openg "kalau kita kebetulan dimalam jumat keliwon atau malam selasa keliwon " suka terdengar suara gamelan yang berbunyi dari arah lokasi makam hingga terdengar sekitar 1-2 km dari arah lokasi makam tersebut," namun itu tidak bisa terdengar oleh semua orang hanya oleh orang orang tertentu saja dan kebetulan saja. Yang bisa mendengarnya.

Hanyalah kita datang ketempat itu untuk berziarah dan berdoa Saja,karena semua yang mengabulkan segala hajat manusia hanya lah yang maha kuasa atau allah swt.bukan berarti karena kita datang ketempat itu berziarah, untuk meminta segala hajat atau yang diingin kan agar dikabulkan.

tapi kita berziarah hanyalah untuk mendoakan pada beliau yang sudah wapat,juga agar kita ingat selalu bahwa kita juga nanti akan mati. ternyata orang yang hidupnya banyak beramal dan berilmu tinggi serta bermampaat bagi orang lain,   hingga banyak orang yang  sengaja datang untuk berziarah ke makam tersebut.ini semoga menjadi suriteladan dan contoh bagi kita semua yang masih hidup.

Akses jalan kelokasi makam eyang panggung saat ini, tidak bisa dijangkau dengan kendaraan roda 2 atau roda 4  hanya bisa sampai kekampung bojong menteng dan berjalan kaki sekitar 700m dan dari kampung geger bentang sekitar 500m.sedangkan dari kota cianjur sekitar 15km lewat jalur jalan cianjur- cikalong dan belok kiri dikampung jamali hingga ke kampung bojong menteng atau kampung geger bentang.atau ditempuh sekitar 20km dari kota cipanas dengan jalur jalan cipanas- mariwat,i belok kanan dikampung gembrong cikanyere hingga ke kampung geger bentang dan bojong menteng.

Makam keramat eyang panggung ini, merupakan sebuah potensi situs budaya peniggalan dulu, yang harus kita jaga dan pelihara bersama baik oleh masyarakat sekitar atau pemerintah Untuk keberadaanya.

Saturday, September 03, 2016

CIJEDIL,"PAMEUNGPEUK MEMILIH "

Cijedil pameungpeuk memilih, Ini yang dilakukan oleh Desa Cijedil kecamatan cugenang kabupaten Cianjur dibulan agustus dan september 2016.yang mana semua Rt dan rw yang ada di wilayah desa cijedil mengadakan pemilihan ketua rt dan rw secara serentak.yang mana untuk membantu penyelenggaraan pemerintahan di desa cijedil untuk masa bakti tahun 2016-2022.

Kepanitiaan yang ditetapkan oleh ketua bpd dan kepala desa.melalui rapat bpd dan kepala desa secara musyawarah dan mupakat.dengan menetapkan kepanitiaan Tingkat desa dan rw tiap masing- masing rt untuk mengadakan pemilihan.

Tepatnya dikampung pameungpeuk rw 03 desa cijedil ini, mulai tgl 30-8-2016 s/d 6 -9-2016,yang baru baru ini sudah digelar pelaksanaan kegiatan pemilihan ketua rt dan ketua rw.yang melliputi kegiatan yang sudah di Tetapkan oleh tingkat desa.
Mulai dari pembentukan hingga pelaksanaanya ,dalam pemilihan ketua rt dan rw ini semua calon yang direkrut dipilih dari warga yang berdomisili di kampung pameungpeuk.

KEGIATAN DAN PELAKSANAAN.

1. PEMBENTUKAN KEPANITIAAN.
Panitia tingkat desa
Panitia tingkat rw dan rt                                     

2. PEMBERITAHUAN PEMILIHAN KETUA RT DAN RW.                                             Menyebarkan surat pemberitahuan kesetiap rw dan rt agar semua warga disetiap wilayah menjadi tahu akan adanya pemilihan ketua rt dan rw.

3. PENDATAAN CALON PEMILIH.
Semua warga yang ada dan berdomisili dimasing- masing rt dan rw.
Sudah dewasa atau kawin.dengan bukti ktp dan kk dicatat dan didata sebagai pemilih dan diundang untuk melaksanakan pemilihan.
                   
4. PENDAFTARAN CALON KETUA RT DAN RW.
Persyaratan sbb:
warga negara indonesia. 
sudah umur 25 tahun atau menikah.
surat kesanggupan mengabdi kepada bangsa dan negara.
Minimal ijasah sd atau terampil membaca dan menulis.
Mengisi administrasi persyatatan.

5. PELAKSANAAN PEMILIHAN KETUA RT DAN KETUA RW.
a. Pemilihan dan pemungutan suara dilaksanakan secara dipilih ditempat pemilihan suara.
b. Pembukaan kartu suara dan penghitungan suara.
C. pencatatan hasil pembukaan dan penghitungan suara, dipapan pengumuman.
D. pelaporan dan pembukuan dengan laporan bap  hasil pemungutan dan penghitungan suara yang sudah ditetapka panitia dan dihadiri oleh warga.

6. TUGAS DAN PUNGSI KETUA. RT/RW (Pemendagri no 5 tahun 2007, pasal 14 dan 15).
TUGASNYA adalah membantu pemerintah desa dan lurah dalam penyelenggaraan urusan pemerintahan.                                         PUNGSINYA.                                               1.pendataan kependudukan dan melayani administrasi pemerintahan lainya.   2.pemeliharaan keamanan ketertiban dan kerukunan hidup antar warga.         3.pembuatan gagasan dalam pelaksanaan pembangunan dengan mengembangankan aspirasi dan  swadaya murni masyarakat.           4.penggerak swadaya gotong royong dan partisipasi masyarakat di wilayahnya.

Misi dan visi. Perlu untuk ketua rt dan rw pun harus lah mempunyai misi dan visi sesuai dengan tugas dan pungsinya.serta diberitahukkan kepada warga sebelum terpilih.agar dimana saat telah dipilih dapat berjalan dengan baik.Biar warga, dan pemerintahan desa bisa mengawasi apa yang dikerjakan berjalan dengan lancar dan sesuai tugas dan pungsinya.Dan ketua rt terpilih dilantik dan ditetapkan oleh kepala desa, dengan surat keputusan ( SK) kepala desa.

Dengan adanya pemilihan ketua rt disetiap kampung untuk menjaga dan melayani dan kepentingan warganya.Sudah seharusnya pemerintah desa atau pemda Agar setiap ketua rt, diberi pelatihan dan pendidikan dulu bagi ketua rt baru terpilih.Agar mempunyai pengetahuan dan pendidikan khusus untuk menjalani kerjanya sebagi ketua rt, agar rt dan rw yang nantinya ketika bekerja betul -betul tahu terhadap tugas dan pungsinya. Walaupun selain sudah diberi biaya operasional, untuk tiap tahunnya oleh pemerintahan daerah berupa intensip dan pembangunan serta pemberdayaan masyarakat bidang keagamaan, pendidikan,  yang masuk dalam anggaran APBD .

Tidak hanya ikut pemilihan atau menjadi sebagai ketua rt saja, sedangkan tugas dan pungsinya tidak tahu. apalagi didaerah kami  kebanyakan yang menjadi ketua rt sangatlah minim dengan pendidikan hanya minimal sd atau hanya terampil  membaca dan menulis saja.Disebabkan bukan berarti tidak ada yang berpendidikan atas tapi kadang tidak mau untuk mengabdikan diri sebagai ketua rt dan rw, apa salahnya walaupun minimal sd ataupun hanya terampil membaca dan menulis tapi siap untuk mengabdi bagi bangsa dan negara.dan itu harus ada kebijakan dipemerintahan desa.

Sangat lah penting sekali pembentukan ketua rt dan rw, walaupun berpendidikan umumnya rendah. Tapi dengan adanya pelatihan dan pendidikan dibidang tugas pungsi ketua rt, bisa membantu untuk pekerjaanya. Selain telah diberi biaya operadional yang diberikan kepada rt setiap tahunnya.
Untuk membantu penyelenggaraan pemerintahan desa.agar pemerintah desa dalam melaksanakan pemerintahannya, berjalan dengan baik dan lancar  sesuai yang diamanatkan oleh uu no 6 tahun 2014 tentang DESA dan PP NO 47 Tahun 2015 .serta perturan pemerntah,perda dan perdes yang ada ,agar dilaksanakan dengan baik dan benar ,untuk kepentingan dan meningkatkan kesejahtraan bagi warga masyarakat, demi kemajuan bangsa dan negara kita.

Pemilihan ketua rt 

Sunday, August 28, 2016

KTH DANGDEUR SUKARESMI/ PETANI HUTAN

Ketahanan pangan, "Apakah dengan ketahanan pangan ,bisa meningkatkan penghasilan petani hutan atau para petani lainya"?.itu adalah pertanyaan yang kami serap dari para petani penggarap hutan, yang tergabung dalam kelompok tani hutan (KTH) kampung dangdeur LMDH girijaya masuk hutan pangkuan desa HPD wilayah administratif :desa sukaresmi kecamatan sukaresmi kabupaten Cianjur.
Saat sosialisasi dan penyuluhan PHBM tingkat RPH Cijedil BKPH Cianjur KPH Cianjur jabar- banten.

Dalam penyuluhan phbm, oleh kader phbm perhutani RPH Cijedil,dirumah ketua KTH tanggal 26-8-2016.
Yang mana perhutani sudah bekerja sama, dengan sistim PHBM dalam pengelolaan hutan bersama masyarakat, desa dan pihak - pihak yang berkepentingan atau stokeholder.dengan sistim berbagi hasil,secara optimal dan proporsional, dalam mengelola potensi sumber daya hutan yang ada. tetap menjaga, mempertahankan atau merehabilitasi kawasan hutan, dengan memperhatikan kelestarian lingkungan sekitar.

Dan ini sudah dijalankan dan dirasakan mampaatnya dari tahun 2001/2005 sampai sekarang, oleh para penggarap kelompok tani hutan,dengan sistim PHBM atau pun tahun - tahun sebelum nya berubah- rubah nama sistim seperti perhutanan sosial ( ps) dan ini sudah memberikan kemampaatan antara lain.

Mampaatnya.
1.membuka lapangan pekerjaan kepada  masyarakat  Sekitar hutan.
2.membuka lahan usaha bidang: pertanian, perkebunan, perternakan, perikanan, industri kayu dan non kayu.
3.meningkatkan hasil peroduksi padi, jagung , kacang- kacangan dan palawija serta kopi.
4.meningkatkan dan mendukung ketahanan pangan nasional.

PERHUTANI selaku BUMN Milik pemerintah indonesia dibidang kehutanan , dengan pp no 72 tahun 2010.mendapat kewenangan pengelolaan hutan menjaga dan melindungi. serta berkewajiban untuk meningkatkan Kesejahtraan masyarakat sekitar hutan . juga meningkatkan Ketahanan pangan yang diperogram kan oleh pemerintah.

Perhutani melalui Kth dan lmdh dalam kawasan hutan peroduksi, akan menanam padi dan jagung ,namun dalam penyuluhan "para penggarap petani hutan ,Kami Siap menam padi atau jagung asal hasil panennya ,dibeli oleh pemerintah dengan harga yang sesuai"

Karena kalau hanya menam saja , dan hasil panennya tidak ada yang menampung, hanya dibeli oleh para tengkulak atau bandar lokal saja, dengan harga jual yang rendah ,walaupun peroduksi panen berhasil dan meningkat,masalahnya ini yang menjadi kendala kami bisa rugi atau tidak menambah penghasilan dengan nilai jual yang rendah.

Harapan dan solusinya.                 1.bantuan penerintah berupa bibit unggul dan pupuk juga memberikan bantuan lainya seperti biaya pengolahan lahan.     2.petani penggarap hutan berharap"supaya ada solusinya pemerintah harus bisa menampung dan membeli hasil panennya".                   3.Dengan harga tinggi dan sesuai diatas tengkulak bandar lokal.   

Dengan ketahanan pangan yang merupakan perogram pemerintah ini.bisa terlaksana dengan baik ,semoga apa yang diharapkan petani hutan dan petani lainnya yang ada dinegara ini.betul- betul Mendapat perhatian yang serius, serta respon yang baik oleh semua pihak, baik instansi terkait pemerintah atau lembaga masyarakat yang ada .supaya penghasilan petani meningkat, juga peroduksi ketahanan pangan indonesia kuat dan baik.

Kelompok tani hutan (KTH) 

MAMPAAT CACING SONARI

Mampaat cacing sonari, cacing sonari bisa hidup dan banyak ditemukan daerah pegunungan diketinggian sekitar700atau 1200m dan cacing tersebut dan jenis cacing ini tidak disemua tempat ada dan langka kami juga bisa menemukan di puncak gunung tepat nya gunung geulis.

Bentuk Ukuran cacing ini berukuran besar dari pada cacing kalung atau cacing tanah lainya sekitar ukuran ibu jari kaki dengan panjang 10 sd 25 cm.

Cacing ini bisa bermampaat untuk mengobati penyakit tipes atau mag.
Kadang untuk mendapatkan cacing ini kita harus mencari kehutan atau dipncak gunung yang tempatnya lembab .karena cacing ini hidup tidak disemua tempat ada dan  jarang.

Cara pengolahannya.
Cara pengolahan yang sederhana agar cacing sonari dapat dipakai untuk obat.biasanya cacing yang sudah didapat dicuci sampai bersih.
Kemudian cacing dijemur hingga kering.
Kalau cacing keadaanya sudah kering cacing sudah bisa dipakai untuk obat.

Caranya.
Cacing dimasukan kedalam air kemudian direbus hingga mendidih setelah mendidih air diangkat cacing didinginkan dan setelah dingin air godogan cacing tersebut sudah bisa diminum oleh sipenderita penyakit.

Walaupun hanya dengan cara yang sederhana, dalam memapatkan cacing sonari ini untuk obat.
Tapi kita selalu berkonsultasi atau memeriksakan diri, untuk menjaga kesehatan badan pada dokter atau rumah sakit .apa bila mengalami sakit atau terkena penyakit. walaupun kita tahu untuk mengobati penyakit yang kita derita.

Karena yang kita gunakan adalah pengolahan obat, secara sederhana atau obat teradisinal.
Belum tentu baik atau betul menurut ilmu kesehatan, karena tidak dicek oleh lab .namun itu adalah kewenangan para ahlinya bidang kesehatan untuk mengetahui apakah cacing sonari baik atau jelek untuk obat mag atau tipes.

Karena kita hanya sebagai obat teradisional saja dan hanya untuk menjaga atau membantu mengobati.
Agar penyakit yang kita derita cepat hilang dan sembuh.

Biasanya cacing sonari dicari oleh sipenderita yang mempunyai penyakit susah sembuh, sebagai pembantu untuk cara cepat, penyembuhan terhadap penyakit yang diderita saja.

Walaupun hanya sederhana cara kemampaatan cacing sonari ini. Terhadap penyakit mag atau tipes. tapi semoga membantu bagi pembaca bagi yang mencari untuk pengobatan secara teradisional.

Monday, August 22, 2016

MAKAM EYANG GAJAH PANAMUR( gunung geulis)

Makam eyang gajah panamur,berada dilokasi kawasan hutan gunung geulis pt 57e RPH Cijedil BKPH Cianjur KPH Cianjur. Dan masuk hutan pangkuan desa (HPD)  dan LMDH pakuon sutra. wilayah administratif :desa pakuon kecamatan sukaresmi kabupaten cianjur jawabarat.

Makam keramat eyang gajah panamur sangat termasyur didaerah cianjur bahkan keluar daerah cianjur.
Karena walaupun keberadaanya jauh ditengah kawasan hutan selalu banyak yang datang berziarah bahkan bermalam.

Karena menurut cerita makam tersebut adalah makam keturunan raja -raja dan bangsawan raja yang ada ditanah jawa ini.sehingga banyak yang sengaja untuk berziarah ke tempat ini.

Karena untuk menggali sejarah lebih dalam ini harus sesuai dengan para ahlinya dan memerlukan penelitiaan khusus oleh pemerintah. masyarakat hanya meyakini cerita turun temurun bahwa makam eyang gajah panamur juga ada makam ibu sutra kembang dan ibu kembang mayang, adalah makam keramat yang dituturkan dan diceritakan oleh para juru kunci yang mengantar untuk berziarah.

Selain makam keramat juga ada  sebuah sumur ,atau pancuran air yang dinamakan jamban.yang letak nya tak jauh sekitar 50m .
Dan air jamban ini keluar langsung dari sumber air yang ada digunung geulis.yang saat ini selalu digunakan bagi penjairah untuk keperluaan mandi atau minum dan keperluaan lainya pada saat berada ditempat ziarah.

Karena kemasyuran dan banyak khasiatnya disumur jamban ini kadang orang yang datang berziarah selalu menyempatkan untuk mandi.sebelum melaksanakan berziarah.

Karena lokasi tersebut berada ditengah kawasan hutan , aset dan sarana jalannya tidak bisa dijangkau dengan kendaraan, hanya bisa dijangkau dengan jalan kaki.
untuk datang dan berziarah ketempat itu, jalan masuknya kita bisa dijangkau dari berbagai kampung.

Misalnya masuk dari kampung babakan sumedang desa pakuon sekitar 2km, dari kampung buniaga desa ciherang sekitar 2km, dari kampung pojok desa ciputri sekitar 3km,dari kampung pameungpeuk desa cijedil sekitar 7km, dari kampung tapos desa wangun jaya sekitar 4km.

Selain berziarah kita bisa sekaliaan berwisata alam bagi pecinta alam juga merasakan udara pegunungan yang masih segar. Karena tempat tersebut berada dalam kawasan hutan alam sekunder (has) yang merupakan hutan kawasan perlindungan.

Dan kita harus selalu menjaga lingkungan sekitar saat berada diloksi ziarah, agar makam atau situs budaya yang ada selalu terjaga keberadaanya. Walaupun belum ada pengurusan khusus dan pengembangan terhadap situs tersebut.

Dan ini merupakan potensi situs budaya yang nantinya bisa dikembangkan baik oleh perhutani, pemerintah dan masyarakat sekitar. tanpa merusak lingkungan sekitar dan situs budaya tetap terjaga dan lingkungan lestari

SERUNYA MINUM KOPI "dikedai otomotif dcm Cipendawa,

Di...saat santai atau istirahat sejenak,melepaskan rasa lelah sehabis bekerja atau kita sekedar santai atau jalan jalan ,kadang minum kopi...